Total Tayangan Halaman

Selasa, 05 Februari 2013

Dakar --- 3 bulan di Cybercom-TIGO

November 14th 2012, itu adalah hari pertama ku kerja di Dakar, Senegal.
di perusahaan baru bernama Cybercom (www.cybercom.com). Cybercom pte ltd berkantor di Singapore, mereka adalah bagian dari cybercom group (Holdings company) dan menjual service konsultasi untuk telecom sector.

Pertama di kontak, ku kira cybercom adalah perusahaan agency. tetapi ternyata cybercom "much better than i thought". cybercom tidak ada product yang dijual tapi mereka jual kompetensi karyawannya untuk beberapa project. kebanyakan project dari cybercom berasal dari operator TIGO (bagian dari millicom group -- www.millicom.com). karena cybercom group sendiri adalah sister company dari milicom group. TIGO sendiri beroperasi di area africa, amerika tengah dan selatan. total ada 13 negara TIGO telah beroperasi.

Selama kerja konsultasi di telco, banyak sekali operator yang beroperasi bukan di negara asal. mulai dari MTN, Orascom dan sekarang TIGO. sedangkan indonesia merdeka sudah 67 tahun dan PT. TELKOM hanya baru berhasil expansi ke timor leste (  yang mana juga bagian dari Indonesia dulu nya  ).  Bahkan beberapa operator international berhasil membeli saham operator di indonesia seperti axiata - XL, STC - Axis dan yang lebih hebat group temasek (STT dan Singtel) beli Indosat dan Telkomsel.

Kembali tentang Dakar. mata uang di Senegal adalah franc (CFA) dengan nilai tukar kurang lebih 1USD=500CFA. biaya hidup di dakar relatif tinggi. bahkan untuk seorang singaporean sekalipun.
sekali makan siang di Dakar bisa menghabiskan 3000-5000 cfa (USD 6-10 ). kebanyakan dari restoran menyajikan nasi (riz) atau french fries (frites). dengan lauk ayam/beef grill. tetapi variasi seperti pizza, spaghetti dan sandwich juga sangat banyak.

bahasa nasional di sini adalah french sedangkan ada bahasa lokal dan yang paling umum adalah wolof. wolof mungkin seperti bahasa jawa, sangat umum dipakai di orang lokal.
kota nya termasuk kotor tapi nyaman untuk di tinggali bila main di daerah corniche -- pinggir pantai.
untuk hiburan sendiri. walaupun mayoritas muslim, anda bisa menemukan Pub, bar atau diskotek di sepanjang jalan terutama daerah almadies-ngor. ini dikarenakan banyak sekali expatriate dari luar yang bekerja di senegal dan bisnisman yang buka bisnis ini pun kebanyakan dari lebanon. karena itu jangan heran jika banyak sekali anda menemukan lebanese di negara ini. untuk africa barat, senegal adalah salah satu dari kota yang terbaik. sayangnya rally Paris-Dakar sudah di tutup karena issue terorisme di negara mauritania. untuk lebih jelasnya tentang senegal bisa refer ke link https://www.cia.gov/library/publications/the-world-factbook/geos/sg.html

smoga masih ada waktu untuk menulis lagi di blog ini.




salam hangat dari ujung atlantik .....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar