Total Tayangan Halaman

Minggu, 26 Februari 2012

kepunahan peradaban

akhirnya nulis lagi setelah lama off, sekarang lagi ingin membahas kemungkinan kepunahan peradaban modern yang kita kenal sekarang dengan teknology telco, transportasi, audio-visual sampe dengan kemajuan bidang biology.

Dari beberapa film documenter dan tulisan documenter, saya merangkum ada beberapa kemungkinan terjadinya kepunahan massal dari peradaban saat ini

1. Ephidemic Deathly Virus
2. Huge Meteor Rain
3. Huge Tsunami
4. Huge Volcano Eruption
5. Nuke War

Ini adalah kemungkinan" yg di ramalkan oleh para ilmuwan. Mari kita coba bahas 1 per 1 yang dimaksud:

1. Ephidemic Deathly Virus

Dengan teknologi biology dan kimia saat ini mulai dikenal dengan senjata kimia. bilamana suatu daerah terkena senjata biologis mematikan dan menular dengan cepat bukan tidak mungkin akan terjadi extinction of civilation. untuk daerah seperti Indonesia yang pemerintah nya lebih ribet berbicara politik hukum dsb dsb, maka jelas sekali mereka tidak siap untuk menghadapi wabah 1 ini. beberapa bukti pemakaian senjata kimia telah terungkap dalam perang vietnam dan juga perang teluk dengan istilah senjata kuning. perkembangan dalam 40 tahun terakhir kemungkinan akan makin dasyat senjata jenis ini.

2. Huge Meteor Rain

sejarah telah mencatat bahwa bumi telah beberapa kali ditabrak meteor dan mengalami kepunahan massal. bahkan di yakini awal organisme di muka bumi berasal dari meteor yang menabrak bumi pada ratusan juta tahun yang lalu. kemudian punah di ganti dengan organisme lainnya.
tahun 1994 planet Jupiter di tabrak oleh beberapa batu meteorid dari komet yang melintas di bimasakti. akankah ada komet yg melintas di dekat orbit bumi dalam waktu yang akan datang ? kemungkinan besar ada tapi kita masih belum tau efeknya sebesar apa. jika sebesar yang terjadi ketika jaman kepunahan Dinosaurus mungkin sudah waktunya dipikirkan perencanaan penyelamatan ras manusia seperti di film "armageddon" atau "deep impact"
Dalam catatan sejarah telah 5 kali lebih Bumi di hujani meteor raksasa.
  1. ketika jaman paling pertama yang menumbuhkan organisme kecil di laut.
  2. organisme laut punah karena meteor dan terganti dengan organisme pisces (makhluk laut), daratan mulai terbentuk di bumi.
  3. meteor menghajar bumi dan sebagian makhluk laut(pisces) mulai digantikan dengan makhluk amphibi yg kadang ke darat.
  4. meteor kembali memusnahkan peradaban dan mengembang beberapa spesies baru seperti mamalia yang dikenal dinosaurus.
  5. Dinosaurus punah dan digantikan dengan primata untuk di daratan.

akankah ada meteor ke-6 atau memang sudah ada tapi belum tercatat dalam sejarah para ilmuwan?


3. Huge Tsunami

Sebagaimana telah di ketahui bahwa lempeng bumi selalu bergerak dalam hitungan kecil tapi pasti, pergerakan lempeng ini biasa di ikuti dengan bencana gempa dan tsunami. yang terbaru adalah tsunami yang terjadi di Aceh 2004 dan Jepang 2011. dengan pergerakan kecil saja efeknya besar sekali bagi 1 peradaban. entah apa yang terjadi jika terjadi pergerakan yang cukup besar dan di tambah dengan global warming yang menyebabkan gletser di kutub utara mencair dan menambah permukaan air laut. maka tsunami besar bukan tidak mungkin menyapu sebagian/seluruh peradaban modern saat ini.
Dan telah diketahui oleh banyak orang perihal ini pernah terjadi di masa lalu. mungkin ada yang ingat dengan mitos "Atlantis" dmana peradaban modern di sapu dengan tsunami dalam 1 hari atau mungkin dari kitab suci tentang kisah noah berikut dengan bahtera nya.
Dalam film "2012" yang dibintangi john cusack, di gambarkan dengan jelas disitu efek dari pergerakan lempeng bumi yang menyebabkan efek sangat besar dalam peradaban manusia dmana negara" dapat hilang dalam hitungan kurang dari 1 bulan.

4. Huge Volcano Eruption

Volcano mungkin di lihat bencana skala kecil dalam keseluruhan peradaban dan memang ini terkait juga dengan pergerakan lempeng bumi. setelah di sinari matahari jutaan tahun dan terbakar beberapa kali meteor" besar maka jelas bumi mengalami kepanasan. Panas di dasar bumi lebih panas daripada bagian luar dikenal dengan panas bumi/magma.
Magma ini terus bergerak dan mengalir di bawah bumi. Sejarah mencatat beberapa kali terjadi erupsi volcano yang menghilangkan beberapa peradaban. yang tercatat terbesar adalah volcano Tambora dan Toba. Tambora sempat menghilangkan 1 kerajaan besar dan efek lainnya seperti asap jg berasa sampai di belahan bumi lain. sedangkan Toba yang volcano nya dulu ada di tempat yang di kenal Danau Toba tercatat sebagai yang terdasyat dan asapnya menggelapkan Bumi sampai beberapa bulan. ilmuwan memperkirakan banyak kematian terjadi setelah Toba meletus disebabkan tanaman tidak bisa berproduksi karena sinar matahari terhalang.

5. Nuke War.

Bukan rahasia lagi bahwa seluruh negara di Dunia sangat khawatir dengan pemakaian nuklir di Dunia. Teori fusi-fisi yang di temukan oleh Albert Einstein telah membawa Dunia ke era baru teknology perang. siapa yang tak kenal dengan "little boy" dan "fat man" yang di jatuhkan di kota hiroshima dan nagasaki yang menghentikan PD 2 saat itu karena jepang akhirnya menyerah. dengan bom atom sepanjang 3 Meter telah mampu melumpuhkan 1 kota besar di jepang pada masa nya. bayangkan jika ada yang membuat bom atom sebesar 10 m kemudian di produksi massal untuk di gunakan perang, kira" apa yang terjadi ?
Setelah jaman "little boy" dan "fat man" akhirnya beberapa negara sepakat untuk membatasi pemakaian nuklir, saat itu ada 5 negara yang telah mampu memproduksi Nuklir yaitu : AS, Rusia, Inggris, Prancis, dan China yang kemudian sepakat membentuk PBB dan ke-5 negara ini menjadi Dewan Keamanan tetap nya.
Tetapi seiring dengan perkembangan jaman dan juga karena Ego manusia nya. ada beberapa negara yang mulai melakukan riset pengayaan uranium yang merupakan proses awal membentuk senjata nuklir. beberapa negara itu adalah Korut, Israel, India dan Iran.


Dilihat dari sejarahnya, beberapa kejadian dipastikan pernah terjadi (Meteor, Tsunami, Volcano) sedangkan beberapa lagi diindikasikan pernah terjadi walaupun tidak ada bukti kuat. tapi yang menjadi pertanyaan terpenting adalah :

- Akankah Sejarah Berulang ?
- Apakah kita Siap jika semua itu terjadi ?

Let's "save our earth"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar